Alat Penguji Daya Tumbuh

1. Petridish

clip_image002

Keterangan                        : (1) wadah

(2) tutup

Sifat                                    : portable

Fungsi         : sebagai tempat penguji daya tumbuh (perkecambahan)

Sumber energi                   : -

Prinsip kerja                      : petridish - petridish diberi alas kertas saring atau media perkecambahan yang lain, kemudian benih-benih diletakkan dan disusun sedemikian rupa di atas media perkecambahan tersebut. Setelah disusun, tutup petridish untuk mencegah benih-benih yang sedang dikecambahkan terkontaminasi.

Deskripsi alat                     : transparan, terbuat dari bahan kaca, dilengkapi dengan

tutupnya.

Kelebihan dan kekurangan: Kelebihan alat ini adalah mudah dibawa-bawa, ringan, serta penampilannya yang transparan membantu kita dalam melakukan pengamatan perkecambahan tanpa kita harus membuka penutupnya. Sedangkan kekurangannya adalah alat ini berukuran relative kecil sehingga jika kita ingin melakukan perkecambahan dalam jumlah yang besar memerlukan petridish dalam jumlah yang besar pula. Selain itu karena berbahan dari kaca resiko pecah ketika terjatuh juga besar. Selain itu tutup dapat mempersempit pertumbuhan benih ke arah vertikal (Anonim, 2012).

2. Bak Perkecambahan

2.1 Seng

clip_image004

Keterangan                     : (1) bak perkecambahan

(2) kaca yang terdapat di dalam bak perkecambahan

Sifat                                 : portable

Fungsi                              : membantu menguji daya tumbuh benih.

Sumber energi                : -

Prinsip kerja       : media perkecambahan diletakkan di atas bak perkecambahan, kemudian benih-benih diletakkan di atasnya, setelah itu ditutup dengan penutupnya. Jika media perkecambahan yang digunakan adalah air, kita hanya memenuhi bak perkecambahan dengan air kemudian pada kacanya diberi kertas saring dan benih-benih diletakkan pada kertas saring tersebut. Kemudian  kita tunggu sampai benih-benih tersebut berkecambah.

Deskripsi alat                  : terbuat dari bahan seng, mudah dibawa kemana-mana, agak berat, cukup besar, biasanya berwarna biru.

Kelebihan dan kekurangan: kelebihan alat ini adalah alat ini berukuran lebih besar daripada petridish sehingga dapat menampung benih lebih banyak. Selain itu dilengkapi tutup untuk melindungi benih dari kontaminasi atau hal-hal yang tidal diinginkan lainnya. Kelemahannya adalah tidak dapat mengatur suhu serta intensitas cahaya. Benih yang dikecambahkan tumbuh dalam lingkungan yang normal (tidak ada rekayasa). Selain itu tutup dapat mempersempit pertumbuhan benih ke arah vertikal (Anonim, 2008).

2.2  Plastik

clip_image006

Keterangan                     : (1) bak perkecambahan                                

Sifat                                 : portable

Fungsi                              : membantu menguji daya tumbuh benih.

Sumber energi                : -

Prinsip kerja                   : media perkecambahan diletakkan diatas bak perkecambahan, kemudian benih-benih diletakkan diatasnya. Kita tunggu sampai benih-benih berkecambah.

Deskripsi alat                  : alat ini terbuat dari plastik, mudah dibawa kemana-mana, dan juga ringan.

Kelebihan dan kekurangan: kelebihan alat ini adalah berukuran lebih besar daripada petridish sehingga dapat menampung benih lebih banyak, akan tetapi alat ini juga memiliki kekurangan yaitutidak dapat mengatur suhu serta intensitas cahaya. Benih yang dikecambahkan tumbuh dalam lingkungan yang normal (tidak ada rekayasa) (Anonim, 2012).

3. Germinator

3.1 Elektrik

clip_image008

Keterangan                     : (1) pegangan buka-tutup

(2) pintu

(3) tombol pengontrol

(a) tombol power

(b) tombol pengatur suhu

(c) tombol pengatur cahaya

Sifat                                 : non portable.

Fungsi                              : tempat mengecambahkan benih pada suhu dan

intensitas cahaya tertentu.

Sumber energi                : tenaga listrik

Prinsip kerja                   : pada prinsipnya hampir sama dengan germinator tipe AGRC-125 tetapi bedanya pada tipe ini, selain kita dapat mengatur suhunya kita juga dapat mengatur intensitas cahaya yang akan digunakan.

Deskripsi alat                  : alat ini merupakan alat penguji daya tumbuh yang modern karena dilengkapi dengan pengatur suhu serta intensitas cahaya. Bentuknya yang besar dapat menghemat waktu karena dapat memuat banyak benih yang akan dikecambahkan. Alat ini memiliki beberapa tombol pengontrol, di antaranya tombol power, tombol pengatur suhu, dan tombol pengatur cahaya.

Kelebihan dan kekurangan: kelebihan alat ini selain dilengkapi dengan alat pengatur suhu juga dilengkapi dengan alat pengatur intensitas cahaya. Sedangkan kekurangannya adalah karena bentuknya yang besar membutuhkan tempat penyimpanan yang luas dan tidak portabel sehingga tidak mudah / susah untuk dipindahkan (Anonim, 2012).

3.2 Non Elektrik

clip_image010

Keterangan                     : (1) klep buka-tutup

(2) kaca

(3) rak-rak untuk perkecambahan

(4) termometer

(5) pengatur suhu

(6) lampu indicator

(7) tombol on-off

Sifat                                 : non portable

Fungsi                              : alat yang digunakan untuk membantu menguji daya

tumbuh benih.

Sumber energi                : tenaga listrik

Prinsip kerja                   : benih-benih yang akan dikecambahkan diletakkan pada rak-rak perkecambahan yang terdapat dalam germinator. Setelah itu kita menutup germinator, kita atur suhu yang kita inginkan untuk perkecambahan. Langkah selanjutnya adalah menkan tombol power dan lampu indikator akan menyala. Kita tunggu sampai lampu indicator mati, yang berarti bahwa proses perkcambahan telah selesai dilakukan.

Deskripsi alat                  : alat ini cukup besar, dilengkapi dengan thermometer pengukur suhu udara, dan pengatur suhu. Didalam alat ini terdapat rak – rak perkecambahan sebagai wadah perkecambahan bagi benih.

Kelebihan dan kekurangan: kita dapat mengatur suhu yang kita inginkan untuk perkecambahannya sehingga tepat untuk mengetahui suhu optimal banih berkecambah, tetapi kita tidak dapat mengatur pencahayaan yang optimum untuk perkecambahan (Anonim, 2012).

0 komentar:

Posting Komentar