Macam - Macam Alat Komunikasi Tradisional

 

 

  1. Lonceng

image_thumb[1]         Lonceng adalah suatu peralatan sederhana yang digunakanuntuk menciptakan bunyi. Bentuknya biasanya adalahsebuah tabung dengan salah satu sisi yang terbuka dan bergema saat dipukul.

Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dansebagai penanda waktu.

 

 

2. Daun Lontar

image_thumb[3]          Pada zaman dulu orang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Kegiatan surat- menyurat di Indonesia sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram.

daun lontar dipakai untuk bahan kerajinan dan naskah.

Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar.

 

 

3. Kentongan

image_thumb[5]            Kentongan dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. Kentongan digunakan untuk memberitahu warga atau masyarakat bahwa atau telah terjadi sesuatu.

 

 

 

4. Asap

image_thumb[7]                Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan.

Orang - orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi.

 

 

 

 

5. Telepon Kaleng

  image_thumb[8]

         Telepon Kaleng adalah perangkat transmisi suara terdiri dari dua kaleng, cangkir, kertas atau barang semacam itu melekat pada kedua ujung tali tegang atau kawat.

 

 

 

 

6. Surat

image_thumb[9]          Surat adalah media untuk menyampaikan pesan melalui lembaran kertas yang dulu dikirim menggunakan merpati. Sampai sekarang surat masih digunakan untuk menyampaikan pesan

 

 

 

 

 

7. Terompet

image_thumb[10]             pada zaman dahulu terompet pada masa peperangan digunakan untuk memberi isyarat kepada para pasukan perang untuk melakukan serangan kepada lawan.

 

 

 

 

8. Merpati Pos

image_thumb[11]            sejak jaman dulu Merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia.

 

 

 

9. Prasasti

image_thumb[12]          Prasasti merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Prasasti merupakan sumber dokumen tertulis yang orisinil dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.

 

 

 

10. Telegraf

image_thumb[13]             Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Di dalamnya terdapat kabel-kabel tembaga yang berguna untuk mengirimkan sinyal jarak jauh.

 

 

11. Gong

image_thumb[14]        Gong merupakan alat komunikasi yg ada sejak jaman dahulu. Gong digunakan di dalam suatu acara untuk menandakan dimulainya suatu acara tersebut. Serta merta untuk mengumpulkan orang-orang untuk berkumpul disuatu tempat.

 

 

 

 

12. Gamelan

image_thumb[17]            Pada masa dahulu, gamelan merupakan suatu alat komunikasi yg menandakan adanya pergelaran suatu acara. Agar adanya suatu ikatan kebersamaan dalam kesenian.

 

 

 

13. Gendang

image_thumb[20]            Gendang atau Drum Sering digunakan didalam suatu acara untuk penyambutan atau ciri khas dimulainya suatu acara atau kompetisi.

 

 

 

14. Terompet Keong

image_thumb[21]              Terompet keong sejak dahulu selalu dijadikan penanda perkumpulan atau terjadinya suatu peristiwa agar dapat berkumpul. Hingga saat ini, terompet keong masih digunakan dalam acara adat terutama di daerah tertinggal disekita pesisir.

 

 

15. Peluit

image_thumb[22]           Peluit hingga sekarang masih banyak digunakan, terutama polisi atau panitia olahraga. Peluit digunakan untuk memulai atau menghentikan suatu peristiwa, tidak perlu berbicara sekuat mungkin. Cukup meniup peluit maka semua acara di mulai atau telah usai.

 

 

16. Tangan (isyarat tangan)

image_thumb[24]            Isyarat tangan masih banyak digunakan hingga saat ini. Isyarat tangan sering digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia yg hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu.

 

 

 

17.Bendera

image_thumb[25]               Bendera merupakan salah satu alat komunikasi yg banyak digunakan untuk mengendalikan pergerakan suatu kelompok atau kendaraan seperti mobil atau pesawat. Bendera adalah suatu tanda atau ciri khas yg menandakan status suatu daerah.

 

 

 

18. Lampu (sandi Morse)

image_thumb[27]          Didalam kesunyian, agar tidak mudah di ketahui musuh, pada masa peperangan dahulu juga banyak menggunakan lampu sebagai tanda atau penyampai pesan berupa sandi morse. Saat ini lampu juga sering digunakan untuk mengendalikan arus lalu lintas agar seimbang.

 

 

19.Api Unggun

image_thumb[28]             Api unggun adalah suatu alat komunikasi yg berguna sebagai pertanda berakhirnya suatu acara. Dengan suasana kebersamaan, api unggun membuat suasana menjadi semakin akrab.

 

 

 

20. Anjing

image_thumb[29]               Anjing merupakan suatu penjaga yg sangat signifikan dari zaman dahulu hingga sekarang, Anjing dapat menjadi penanda ketika ada orang asing yg datang. Zaman dahulu untuk menghindari musuh, ketika anjing peliharaan mereka menggonggong mereka akan cepat bersembunyi agar tidak di temukan musuh.

 

 

21. Bel terompet

image_thumb[30]            Bel terompet merupakan alat komunikasi antara penjual dan pembeli. Ketika pedagang membunyikan bel sepeda, hal itu menandakan kedatangan penjual.

 

0 komentar:

Posting Komentar